Jumat, 06 April 2012

Roket Air yang Aman Diluncurkan

Bagi penggemar setia hand’s on activities roket air di langitselatan, mungkin akan muncul pertanyaan, “Kira-kira langitselatan akan mengupas apalagi ya untuk dibagikan kepada para sahabat-sahabat rocket’ers se-Indonesia? Kali ini penulis akan menjelaskan cara pembuatan model terbaru badan roket versi penulis sehingga aman diluncurkan.

Pengembangan yang penulis lakukan adalah pada desain badan roketnya. Hal ini bermula dari masalah yang penulis temui yaitu lokasi peluncuran yang kurang luas saat meluncurkan di tempat-tempat tertentu yaitu di kompleks perumahan, sekolah-sekolah di perkotaan, maupun areal umum lainnya seperti alun-alun. Dari segi keamanan, tentunya cukup berbahaya jika kita meluncurkan roket standar di tempat-tempat umum. Saat peluncuran, roket air yang menggunakan pemberat berupa plastisin ketika diluncurkan akan jatuh ke bumi dengan energi yang lumayan besar sehingga bisa melukai orang maupun melubangi genteng rumah. Dari pengalaman penulis saat berlatih meluncurkan roket dengan beberapa siswa-siswi SMP di Bandung, ada sebuah roket peserta yang melesat keluar jalur dan jatuh di jalan raya. Untungnya roket ini tidak mengenai pengguna jalan raya, hanya saja roket ini terlindas mobil.

Roket panjang ukuran kecil menggunakan botol Pocari Sweat ukuran kecil. Walaupun bukan botol minuman soda, karakteristik plastik botol ini cukup elastis sehingga kuat menahan tekanan tinggi. Kredit foto: Kodiron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar