Selasa, 03 April 2012

Dunia Astronomi

Situs Astronomi Populer Indonesia.

Situs ini dibuat karena kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap ilmu pengetahuan astronomi, terutama yang disajikan dalam Bahasa Indonesia, masih belum dapat diakomodasi secara maksimal. Kami sebagai alumni astronomi ITB berharap situs Dunia Astronomi ini dapat membantu memajukan astronomi di Indonesia.

Tulisan dalam situs ini terbagi dalam dua kategori besar, yaitu artikel dan berita. Artikel adalah tulisan kami yang tidak berkaitan dengan suatu peristiwa yang terjadi pada waktu tertentu. Sedangkan berita adalah tulisan kami yang ada kaitannya dengan sebuah peristiwa pada waktu tertentu. Masing-masing kategori tersebut kami kategorikan juga sesuai dengan bidang astronomi yang dibahasnya.

Untuk mempermudah dalam mencari apa yang Anda butuhkan, berikut adalah navigasi utama dalam situs ini:

Lihat kumpulan tulisan di halaman Koleksi Tulisan. Ajukan pertanyaan tentang astronomi di halaman Tanya Jawab. Lihat foto-foto astronomi di halaman Astrofotografi. Cari istilah-istilah astronomi di halaman Kamus Astronomi. Lihat peristiwa apa saja yang terjadi dalam setiap bulan di halaman Kalender Astronomi. Jangan lupa berikan kesan, pesan, saran ataupun kritik tentang situs dan pengelolanya dan lihat link/tautan astronomi di halaman Buku Tamu & Tautan. Temui kami di twitter dengan id @duniaastronomi dan di grup facebook.

_________

SOROT Kalender Astronomi 2012

Kalender Astronomi 2012Ada begitu banyak peristiwa astronomi yang terjadi setiap bulannya. Namun tidak semua orang tahu atau punya akses yang mudah untuk mengetahuinya. Tetapi tidak perlu khawatir, karena kini di DADC telah tersedia Kalender Astronomi 2012! Kalender meja ini adalah jawaban yang tepat agar kita tahu ada fenomena astronomi apa saja yang sedang ataupun akan terjadi. Hari dan waktu terjadinya fenomena tersebut tertulis jelas di kalender ini, begitu juga hari-hari bersejarah penjelajahan Tata Surya. Selain itu, nikmati juga keindahan foto-foto astronomi berkualitas dari Hubble Space Telescope dan European Southern Observatory. Selengkapnya »

Buku Menjelajahi Tata Surya

Membahas tentang tata surya dan benda-benda langit yang lain. Informasi-informasi yang tersedia didasarkan pada penemuan dan penelitian terbaru para ahli sehingga buku ini sangat layak menjadi panduan dalam usaha kita memahami tata surya kita dan alam semesta. … Ada hal-hal baru yang terungkap, tapi masih terdapat seribu satu rahasia yang belum terkuak. Buku ini mengajak kita untuk berpetualang. Jauh! Selengkapnya »

Galaksi Bimasakti

Terdapat banyak bintang, nebula, dan gugus bintang yang bisa diamati di langit setiap malamnya. Semua objek tersebut berada di dalam galaksi kita. Di beberapa bagian bintang nampak padat sehingga ketika langit cerah, bersih dari awan, dan kondisi sekitar yang gelap, kita bisa melihat pita berwarna putih yang memanjang dan melintasi beberapa rasi seperti Sagittarius (arah pusat Galaksi), Scorpius, Ophiucus, Aquila, Cassiopeia, Auriga, Crux, dan Centaurus. Sementara di bagian yang lain tampak celah-celah gelap yang menunjukkan adanya materi antar bintang yang tebal. Itulah (bidang) galaksi yang kita tinggali. Selengkapnya »

Geosentris Dan Heliosentris Di Eropa (1)

Jika dilihat secara sepintas, benda-benda di langit tampak bergerak dari timur ke barat. Selama satu hari satu malam, bintang-bintang, planet, Bulan, dan Matahari terbit dan tenggelam. Namun sebenarnya bukan hanya gerakan terbit dan tenggelam saja yang terjadi pada benda-benda langit tersebut. Ada yang bergerak dari ekuator ke utara, kembali ke ekuator, ke selatan, dan kembali lagi ke ekuator dalam waktu satu bulan atau satu tahun, seperti Bulan atau Matahari. Ada objek yang arah geraknya berubah-ubah dalam hitungan bulan. Awalnya bergerak dari barat ke timur lalu berubah menjadi dari timur ke barat, lalu kembali lagi seperti semula, sebagaimana yang terjadi dengan semua planet. Dan ada juga planet yang tidak pernah jauh dari Matahari, yang hanya terlihat di barat setelah Matahari terbenam atau di timur sebelum Matahari terbit. Dari gerakan benda-benda langit yang kompleks tersebut kemudian timbul pertanyaan besar, apa yang sebenarnya terjadi di langit? Selengkapnya »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar